Mengobati Kaki Kenari Bubulan

Mengobati Kaki Kenari Bubulan.

Kenari merupakan diversifikasi burung kemarahan nan banyak disukai makanya para pecinta burung kicauan. Namun tidak sedikit dari penggemar burung kenari yang mengeluhkan kalau kaki pecah burung kenari peliharaan terlihat bengkak.

Bahkan banyak pun juga nan n kepunyaan anggapan jikalau nyonyor plong kaki zakar kenari itu di akibatkan maka itu gigitan nyamuk serampang. Sementara itu kalau kita telusuri selanjutnya sebenarnya banyak faktor yang dapat dikatakan sebagai penyebab bengkaknya kaki kenari.

Penyakit Bubul Puas Burung Kenari

Seperti halnya bentuk alias bahan tenggeran yang terbatas setuju misalnya terbuat bermula plastik dan lain sebagainya. Bisa juga akibat infeksi bakteri ataupun cendawan dan kebobrokan serta faktor tidak yang berkaitan dengan kondisi kandang nan kotor dan sebagainya.

Plong awal mula kaki terserang bubulan maupun dikenal dengan istilah Bumble foot pada burung kenari ini, bentuknya akan tampak sebagai halnya jerawat nan kecil. Biasanya berwarna sirah akil balig dan biasanya terletak plong telapak tungkai atau diantrara kukunya.

Apabila hal tersebut tidak lekas diatasi maka jerawat kecil tersebut akan menjadi semakin membesar kebiruan. Dan kerumahtanggaan kondisi inilah jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan kerusakan permanen dalam kaki kenari itu.

Penyakit Bubul pada Burung Kenari

Penyakit bubul pada titit kenari ini kembali termasuk jenis kebobrokan yang bosor makan mencamkan akrab semua diversifikasi burung. Penyebab kebobrokan bubul pada kontol kenari yaitu dari mikroba Staphylo coccus.

Bibit penyakit ini kebanyakan menyerang permukaan kulit, khususnya kulit jejak kaki kaki. Faktor utama yang menyebabkan timbulnya problem bubul yaitu kurangnya kebersihan sangkar, khususnya ajang bertengger.

Tanda-tanda serangan keburukan bubul yang boleh dilihat adalah disela sela tungkai ruas deriji terletak benjol atau kutil yang mengeras. Jika serangan komplikasi bubul ini dibiarkan, maka lama kelamaan infeksi penyakit tersebut akan melebar dan bertambah lautan.

Baca :   Cara Mengobati Lambung Bocor Tanpa Operasi

Penangkalan terhadap serangan penyakit bubul dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar dan tempat bertengger atau sreg tangkringan pada sangkar burung.

Bubul Basah

Penyebab bubul basah yakni virus kuman yang sama. Akan hanya berbuah pada pembengkakan di ruas jari dan telapak suku burung yang kelihatan benjolan kekuningan. Selalu juga sreg ujung pangkal kuku.

Sekiranya situasi ini terjadi pada burung kenari kita stop habis pemberian pelo menggodok. Sebab hal tersebut disebabkan burung kepentingan zat putih telur.

Mandu Mengobati Penyakit Bubul Pada Kenari

Cara Mengobati Penyakit Bubul Pada Kenari
Cara Mengobati Penyakit Bubul Sreg Kenari

Langkah-langkah menyembuhkan penyakit jamur (bubul) pada kaki kenari merupakan sebagai berikut:

  • Peganglah tubuh kenari dengan mandu pelan dan dengan santai setakat kenari merasa nyaman.
  • Anda juga boleh kumbah tungkai kenari nan jamuran (bubul) dengan air hangat. Ulangilah hingga beberapa kali hingga bubul terasa sabar
  • Lebih jauh keringkan, bisa dengan diangin-anginkan atau dilap dengan cemping.
  • Langkah berikutnya olesi dengan obat luar yaitu salep anti jamur, misalnya: salep88, betason Cakrawala, canestin,daktarin dan lainnya.
  • Mulai sejak kakinya sira berikan salep, maka biarkan sebatas 2 hari maupun jangan dimandikan.
  • Selepas 2 hari, cucilah suku kenari dengan air hangat, olesi kembali dengan salep, sejenis itu seterusnya selama 3 minggu.
  • Pertanda kaki kenari telah mulai sembuh yakni terlihat kakinya yang mengering dan berangkat terkupas, dan dapat dimungkinkan kenari kembali bersih seperti sedia kala.

Berilah ki gua garba nan mengandung Gizi A seperti sayuran cegak nan bercelup hijau tua. Sebaiknya juga jangan berlebihan dalam memberikan telur rebus.

Sebab dengan mengkonsumsi telur mengetim yang berlebihan akan membentuk kadar asam urat privat tubuh burung menjadi meningkat dan hal ini bisa menjadi awal penyebab terjadinya kebobrokan kaki bulbulan maupun Bumble Foot ini.

Baca :   Cara Mengobati Orang Kena Pelet

Mengobati Kaki Kenari Bubulan

Source: https://www.jalaksuren.net/penyakit-bubul-pada-burung-kenari/

Check Also

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu. Punya hobi dibidang kerajinan dan kreativitas, mau punya penghasilan lebih …