DokterSehat.Com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan pohon mahoni. Selain dimanfaatkan bagian kayunya, ternyata banyak sekali lagi orang yang mengambil manfaat biji mahoni sebagai penyembuhan. Biji mahoni dipercaya dapat menghibur bermacam-macam gejala penyakit. Simak khasiat biji mahoni dan sekuritas sampingnya berikut ini!

11 Manfaat Biji Mahoni dan Efek Samping yang Harus Diwaspadai

Sejurus mengenai Mahoni

Mahoni
(Swietenia macrophylla)
adalah variasi tanaman dari batih
Meliaceae. Mahoni memiliki bentuk pohon yang lautan dengan tinggi tumbuhan dapat mencapai 35-40 meter. Diameter berbunga pohon ini juga dapat sangat lebar hingga 125 cm.

Kayu tanaman mahoni memiliki kualitas yang cukup baik sehingga banyak dimanfaatkan cak bagi pembuatan furniture. Selain memanfaatkan bagian kayunya, banyak juga masyarakat yang memanfaatkan buah mahoni, terutama putaran bijinya, untuk mengatasi berbagai penyakit.

Berbagai khasiat biji mahoni ini didapatkan berbunga berbagai kandungan senyawa n domestik skor mahoni yang dapat main-main sebagai antioksidan sama dengan flavonoid, saponin, dan juga alkaloid.

Manfaat Biji Mahoni

Berkat kandungan campuran yang ada di dalamnya, biji mahoni dipercaya memiliki banyak guna kerjakan kesehatan. Berikut ialah 11 manfaat angka mahoni lakukan kesehatan!

1. Meningkatkan sistem kardiovaskular

Ki gua garba flavonoid di internal angka mahoni dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kardiovaskular alias perputaran talenta.

Poin mahoni dipercaya dapat membantu memperlancar rotasi darah, membersihkan pembuluh talenta mulai sejak penyumbatan kolesterol, dan mencegah pembentukan plak puas tenggorokan bakat. Jika mengaram pada manfaat angka mahoni tersebut, maka dapat dikatakan bahwa kredit mahoni juga dapat membantu mengedrop risiko masalah kardiovaskular begitu juga serangan jantung dan stroke.

Baca :   Manfaat Buah Peach Untuk Wajah

2. Mencegah peradangan

Khasiat kredit mahoni nan kedua merupakan dapat mencegah dan mengamankan peradangan.

Kebaikan satu ini masih berbimbing dengan kandungan flavonoid dalam biji mahoni. Sifat antiinflamasi dari biji mahoni ini kemudian membuat biji mahoni cangap dijadikan seumpama remedi bikin menyelesaikan penyakit seperti demam dan selesma.

3. Mengontrol tekanan darah

Selain dapat memperlancar diseminasi darah, biji mahoni juga banyak digunakan bakal menyelesaikan tekanan pemberang.

Hipertensi atau tekanan pembawaan tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala. Namun penyakit ini harus tetap diwaspadai karena berpotensi memicu gangguan kronis lainnya. Jikalau Anda mengalami hipertensi dan menjalani pengobatan, Anda harus secara rutin memeriksakan tekanan pembawaan.

4. Menurunkan risiko disfungsi seksual

Ponten mahoni kembali dipercaya dapat membantu menurunkan risiko disfungsi ereksi.

Banyak sekali herbal dengan makanan saponin yang digunakan untuk meningkatkan kejantanan sreg pria, salah satunya adalah ginseng. Biji mahoni juga n kepunyaan kandungan saponin yang janjang sehingga banyak orang percaya bahwa salah satu arti biji mahoni adalah mengatasi disfungsi ereksi, terutama yang terkait dengan diabetes.

5. Mengatasi reaksi alergi

Khasiat nilai mahoni lebih lanjut adalah kerjakan menguasai reaksi alergi.

Alergi yakni reaksi berlebihan dari sistem kekebalan jasad terhadap zat tertentu nan dianggap berbahaya. Kandungan saponin intern angka mahoni dipercaya bisa bertindak umpama antihistamin. Histamin adalah fusi yang dihasilkan tubuh ketika alergi dan memicu bermacam ragam reaksi alergi.

6. Mengatasi alai-belai tidur

Gangguan tidur alias insomnia bisa disebabkan oleh berbagai sebab dan apabila dibiarkan dapat menurunkan kualitas kehidupan seseorang.

Selain dapat bermain andai antihistamin, senyawa saponin juga dipercaya dapat membantu menuntaskan insomnia. Saponin dipercaya bisa menerimakan efek yang membuat urat menjadi kian rileks sehingga kualitas tidur Anda juga boleh meningkat.

Baca :   Dosis Garam Untuk Tanaman Buah

7. Mengontrol sakarosa bakat

Manfaat biji mahoni selanjutnya adalah dapat kondusif mengontrol gula darah sehingga dapat menjadi sortiran pengobatan untuk diabetes.

Kalau Dia n kepunyaan diabetes, Anda diharuskan untuk mengontrol gula darah. Riuk satu caranya yakni dengan menjaga ideal bersantap. Selain itu, banyak sekali lagi basyar nan menambahkan herbal untuk membantu mengontrol gula pembawaan.

Nilai mahoni dapat menjadi salah suatu saringan herbal yang membantu kondisi ini. Sebuah penggalian menunjukkan bahwa saponin memiliki efek hipoglikemik atau dapat menurunkan bilangan sakarosa bakat, bahkan lebih baik dibandingkan jenis obat antidiabetes tertentu.

8. Mengatasi sembelit

Sembelit atau rumpil buang air besar dapat memicu masalah pencernaan lainnya.

Konsumsi biji mahoni dipercaya dapat mengatasi kondisi ini dan membuat pencernaan kian baik. Umumnya kondisi ini sudah dapat membaik cuma dalam kurun perian dua hari mengonsumsi serbuk mahoni nan dicampur dengan air suam.

9. Merenggangkan dismenorea

Konsumsi biji mahoni lagi dipercaya efektif untuk mengatasi senggugut.

Nyeri haid adalah hal nan masyarakat dialami oleh sebagian wanita. Apabila tidak diatasi, sekali-kali kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biji mahoni dapat dikonsumsi sreg hari pertama siklus menstruasi kerjakan dapat membantu mengatasi nyeri haid.

10. Menangkal ekstrem nonblok

Kredit mahoni berlimpah akan antioksidan, artinya buah satu ini dapat membantu menangkal radikal objektif.

Cerminan mencolok bebas dekat lain dapat dihindari. Oleh, raga membutuhkan antioksidan cak bagi dapat merintih radikal bebas dan mencegah drastis nonblok menyebabkan kerusakan sel. Kandungan dalam angka mahoni mulai berpangkal flavonoid, saponin, dan alkaloid, semuanya mempunyai efek antioksidan.

11. Meningkatkan sistem imun tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh sangat penting dilakukan.

Jika sistem imun melandai, jasad akan lebih mudah terserang komplikasi. Biji mahoni bisa membantu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh bertambah siap buat menyamai majemuk mikroorganisme yang boleh menyerang tubuh dan menyebabkan infeksi.

Baca :   Olahraga Yang Menghilangkan Punuk Di Leher Belakang

Efek Samping Biji Mahoni

Ponten mahoni memang telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Sayangnya sampai kini masih tinggal minus penelitian yang dapat membuktikan efektivitas dan keamanan dari penggunaan biji mahoni seumpama obat herbal.

Health Sciences Authority, Singapura, mencatat sejumlah kasus cedera hati nan disebabkan maka itu penggunaan biji mahoni. Tingkat keparahannya beragam start dari bisikan fungsi lever hingga gagal hati.

Kebanyakan pasien yang dilaporkan mengalami kondisi ini memiliki kondisi kedokteran lainnya seperti diabetes, hipertensi, hiperlipidemia, setakat perlemakan hati dan sedang mengonsumsi obat enggak. Diduga pasien menggunakan biji mahoni sebagai terapi pendamping dari kondisi medis yang dialaminya tersebut.

Mengingat masih kurangnya penekanan akan halnya efektivitas biji mahoni, sebaiknya Sira berhemat dalam menggunakan pokok kayu ini. Jika Beliau memiliki kondisi medis yang serius atau sedangkan mengonsumsi obat tertentu, seyogiannya konsultasikan dengan dokter sebelum menunggangi biji mahoni.

Sumber:

  1. HSA Updates on Reports of Liver Injury After Consumption of Mahogany Seeds (Sky Fruit)  -https://www.hsa.gov.sg/content/hsa/en/News_Events/Press_Releases/2018/mahoganyseedsskyfruit.html diakses 12 Juli 2019
  2. Mahogany Seed Benefits and Side Effects – http://skyfruitseed.com/mahogany-seed-benefits-and-side-effects/ diakses 12 Juli 2019
  3. Health Benefits and Side Effects of Sky Fruit Seeds – http://mahoganyseed.com/sky-fruit-seed-benefits-and-side-effects/ diakses 12 Juli 2019

DokterSehat
|
© 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak cipta Dilindungi