Kebun Strawberry Di Berastagi

Kebun Strawberry Di Berastagi.

Penulis & Fotografer: Vicky Siregar

Cuaca sejuk dengan suhu rata-rata 26 derajat celcius menjadikan Berastagi area yang kreatif sebagai wadah berpadan tanam bagi para peladang. Kota yang berada di kabupaten Karo ini  juga berada di kawasan rangkaian gunung yang masih asri lingkungannya.

Berkat lahan Berastagi yang berbenda, segala juga jenis sayur dan buah yang ditanam, tentu akan bersemi dengan optimal. Keberadaan tugu kubis dan tugu jeruk yang dibangun pemerintah setempat akan membuat Berastagi diingat bak penghasil sayur kol dan biji zakar sitrus nan terbaik.

Bukan cuma sayur kubis dan buah jeruk, kini Berastagi pun dikenal sebagai penghasil stroberi fit. Buah berwarna merah yang dikenal dalam bahasa latin “Fragaria” yang artinya “wangi” ini memiliki cita rasa spesifik. Perpaduan asam dan manis serta ukurannya yang tergolong segara menjadikan stroberi Berastagi menembus pasar-pasar luar kota, bahkan distribusinya telah sampai antar provinsi.

Waktu ini buah stroberi yang dihasilkan dari kebun para petani sudah sederajat larisnya dengan biji pelir jeruk yang dipasarkan oleh para pedagang biji zakar di kota Berastagi. Takdirnya dulu sebagian masyarakat Tanah Karo menyempatkan fasilitas “petik jeruk sendiri” sebagai salah satu propaganda cak bagi menggelandang minat wisatawan-wisatawan yang melawat ke Berastagi, saat ini “petik stroberi sendiri” kembali menjadi pengalaman yang terlazim dicoba cak bagi turis domestik dan mancanegara.

Petik Stroberi Koteng

Ada suatu destinasi gelambir biji pelir stroberi sendiri yang sangat unik dan kekinian. Yaitu
Strawberry Purba Family and Farm
yang produktif di Jalan Deleng Singkut, Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanah Karo. Pengunjung yang datang bersumber kota Medan, akan melalui simpang kanan sebelum menumpu tipar anakan Pelawi.

Baca :   Mata Iritasi Karena Softlens

Tidak sama dengan huma-huma stroberi lainnya, Strawberry Purba Family and Farm congah di tempat yang suntuk strategis dan menawarkan pemandangan yang langsung menghadap kota Berastagi, sehingga para pengunjung yang datang ke sini dapat memetik stroberi pilihan sendiri sekali lalu melihat keindahan kawasan Berastagi dan menikmati cuaca nan sejuk. Pihak perkebunan lagi menyediakan plural
spot
foto yang
instagrammable
karena si pemilik pulang ingatan, sekarang masyarakat sangat gemar ber-selfie
tatkala berkunjung ke tempat wisata.

Biaya masuk ke
Strawberry Purba Family and Farm
ternyata adv amat murah. Hanya dengan membeli-beli apapun dengan total minimal Rp2000,00- maka pengunjung sudah lalu boleh menikmati areal yang luasnya berkisar 2,5 hektar ini. Tersaji juga musala bagi umat muslim yang mau beribadah, serta
free
pondok bagi yang cak hendak bersantai melepas erak selepas menempuh perjalan jauh serta dilengkapi toilet yang bersih.

Menusuk stroberi di
Strawberry Purba Family and Farm
dikenakan biaya berangkat bermula Rp10.000,00- per onsnya. Biji kemaluan stroberi yang tumbuh di sini juga segar-segar dan berukuran segara, sebab menurut persaksian salah seorang pengelola kebun stroberi ini, mereka silam teliti mengurus pertanian demi menghasilkan stroberi yang berkualitas.

“Kita selalu merawat ladang stroberi di kebun ini dengan ekstra, begitu juga selalu mengecap kebugaran stroberi kami sebaiknya terhindar pecah hama belatung-ulat perusak tanaman. Kebersihan juga bosor makan kami jaga seharusnya tamu-peziarah berikutnya yang berkunjung tetap merasa nyaman,” ucap Nando Piher Purba, keseleo seorang staf aktivis
Strawberry Purba Family and Farm.

Ia lagi menambahkan mengapa biaya masuk ke
Strawberry Purba Family and Farm
ini lewat murah dan disediakan beragam fasilitas yang boleh dipakai secara gratis, hal ini dikarenakan Nando mau peziarah-tamunya tekun dimanjakan.

Baca :   Buat Pot Dari Barang Bekas

“Ya morong kita sebagai pengelola pasti sadar, apabila kita memberikan harga kepada tamu-tamu nan datang dengan murah, pasti untuk berikutnya ia akan kembali datang ke sini. Dan pastinya pelayanan yang kami berikan tidak murahan. Jika cak semau peziarah yang minta kami cak bagi mengawani mereka merubung kebun, pasti kami siap melayani dengan suka hati,” katanya.

Destinasi Edukasi Bendera

Etis saja,
Strawberry Purba Family and Farm
mulai dipadati dengan adanya beberapa agenda edukasi terbit berbagai sekolah bagi para petatar. Mulai dari sekolah sumber akar, menengah pertama, hingga pelajar menengah mahajana kerap mengunjungi kebun ini. Para pelajar asal kota Binjai contohnya, rapat persaudaraan setiap dua rembulan sekali datang, baik dalam rangka edukasi akan halnya tunggul maupun sebagai ruang sawala.

Pihak pengelola
Strawberry Purba Family and Farm
ternyata tak cuma menyelamatkan stroberi, ada juga buah lain seperti mana jeruk, terong belanda, lemon lokal, ubi kayu-ubian serta sayur-sayuran. Selain itu mereka juga fokus kepingin mengembangkan peternakan aswa agar nantinya para wisatawan yang datang bisa menikmati ekopariwisata secara lengkap. Pembangunan juga terus dilakukan mudah-mudahan kebun ini menjadi tempat wisata “petik stroberi sendiri” yang paling digemari.

Kebun Strawberry Di Berastagi

Source: https://kovermagz.com/petik-sendiri-hingga-pemandangan-indah-di-kebun-stroberi-berastagi/

Check Also

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu. Punya hobi dibidang kerajinan dan kreativitas, mau punya penghasilan lebih …