Gambar Morfologi Bunga Sepatu

Gambar Morfologi Bunga Sepatu.

Hallo, kali ini saya ingin membagikan siaran mengenai bunga sepatu. Sudah pernah lihat kan bunga sepatu atau terkadang kita menyebutnya kembang sepatu? Nah, bagi inversi-musuh yang sedang belajar biologi apalagi yang menengah belajar tentang putaran-bagian pohon, bisa banget nih baca artikel ini buat menambah embaran, hehehe. Selamat membaca!

Baca juga:

Ciri-ciri, manfaat, dan kegeruhan Eceng Gondok

Tanaman anakan sepatu merupakan perdu hias yang populer dengan varietas-varietasnya yang berpokok distingtif dan rangkap dengan beraneka perbuatan warnanya, tanaman ini tak tumbuh liar di Indonesia. Tanaman bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis, L.) tumbuh agak kelam dengan banyak cagak. Tingginya hingga ke 1-4 meter, bersemi semenjak ceduk rendah sampai pegunungan. Anakan sepatu berbunga terbit Asia Timur dan banyak ditanam umpama tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Di Sumatera dan Malaysia, hibiskus disebut bunga raya. Bunga ini ditetapkan sebagai anakan nasional Malaysia sreg tanggal 28 Juli 1960. Orang Jawa menyebutnya kembang worawar


Klasifikasi

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Class : Dicotyledonae

Ordo : Malvales

Familia : Malvaceae

Tipe : Hibiscus rosa – sinensis,L.

Morfologi Bunga Sepatu

Morfologi

  • Hibitus: Perdu, tahunan, tegak, tahapan ± 3 m.
  • Layon: Buntak, berkayu, keras, penampang ± 9 cm, masih muda ungu setelah tua putih kotor.
  • Daun: Tersendiri, tepi beringgit, ujung runcing, bawah majal, hierarki 10-16 cm, pepat 5-11 cm, bau kencur muda, yunior tua.
  • Bunga: Tunggal, bentuk terompet, di ketiak daun, kelopak rajah giring-giring, berbagi lima, bau kencur kekuningan, mahkota terdiri pecah lima belas hingga dua puluh daun mahkota, warna dadu, lawe pati banyak, batang cangkul ekstrak merah, kepala sari asfar, putik bentuk tabung, merah.
  • Buah: Kecil, elips, diameter ± 4 mm, masih remaja suci sesudah lanjut usia coklat.
  • Biji: Pipih, tulen.
  • Akar tunggang: Tunggang, coklat akil balig.
Baca :   Gambar Motif Bunga Batik

Bagian-Bagian bunga Sepatu beserta Fungsinya

Ciri-Ciri dan Bagian-bagian Bunga sepatu-dalam bentuk deskripsi

Hibiskus yaitu n kepunyaan daun berbentuk bulat dengan ujung-ujungnya nan runcing. Bunganya memiliki dandan bangkang kilauan, pink, atau warna-warna nur lainnya, dengan 5 biji zakar patera pelupuk dan sejumlah mahkota bunga yang lembut dengan batang cangkul putik yang menjulur keluar mahkota. Di fragmen ujung batang cangkul putik terletak kelopak sari yang penuh dengan serbuk sari dan siap bertebar kerjakan proses penyerbukan.

Kembang sepatu terdiri dari beberapa helai daun pelupuk yang dilindungi maka itu kelopak tambahan (epicalyx) sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari beberapa rayon. Bagian-penggalan dari anak uang sepatu ini adalah kepala putik, benang konsentrat, daun mahkota, tangkai bunga, tangkai esensi dan tangkai bakal buah. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk elips yang bertaburan serbuk sari. Hibiscus rosa sinensis tertulis kedalam kelompok rente paradigma maupun anakan lengkap (Benang sutra complektus) karena memenuhi persyaratan anak uang eksemplar, yang mana bunga raya ini terdiri atas galengan daun kelopak (Sapalae), dok daun mahkota (Corolla), benang sari (Stamen) dan putik (Pisitillum). Bunga Hibiscus rosa sinensis merecup pada katek daun sehingga disebut Benang sutra lateris alias Benang sutra axillaris. Akan sahaja rente sepatu termasuk tipe bunga tunggal karena pada tumbuhannya hanya menghasilkan satu keberagaman patera saja.

Anakan sepatu termasuk bangsa malvales, mempunyai ciri individual yaitu terdapatnya ‘columna’, ialah bagian bunga nan terdiri dari pelekatan bagian pangkal kayu cangkul sarinya membentuk badan yang menyelubungi bakal buah dan bagian pangkalnya berlekatan dengan pangkal patera – daun mahkota, sehingga bila mahkota bunga ditarik keseluruhannya akan terlepas berbunga anakan bersama – begitu juga lembar – benang ekstrak dengan menjauhi kelopak dan buat biji pelir belaka.

Baca :   Bunga Tabungan Bank Jatim

Bunga sepatu ialah bunga banci, adalah pada bunganya terletak puitk dan sutra sari. Bersimetri 1, dan mempunyai 5 buah kelopak utama yang ubah berlekatan dan dilengkap dengan daun pelindung / kelopak adendum sebanyak 6 buah yang lain saling berlekatan, 5 biji pelir mahkota bunga nan juga tidak berlekatan. Lawe sarinya lampau banyak dan saling berlekatan.




Gambar Morfologi Bunga Sepatu

Source: https://ilmuusekolah.blogspot.com/2020/06/bunga-sepatu-klasifikasi-morfologi-dan.html

Check Also

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu. Punya hobi dibidang kerajinan dan kreativitas, mau punya penghasilan lebih …