Gambar Cara Mencangkok Tanaman

Gambar Cara Mencangkok Tanaman.

Bola.com, Jakarta –
Kaidah mencangkok tanaman
perlu diperhatikan bakal Anda yang mau memperbanyak Pokok kayu dengan cara vegetatif.

Hasil yang diperoleh dengan
prinsip mencangkok pohon
adalah mendapatkan ekstrak pokok kayu yang kualitasnya sama atau mirip sekali dengan kualitas induknya.

  • BRI Liga 1: Angin indra bayu Cedera di PSS Belum Mereda, 9 Pemain dalam Proses Rekonstruksi
  • Teladan Teks Deskripsi tentang Alam, Singkat dan Mudah Dipahami
  • Liga Inggris: Erik Ten Hag Pastikan Tak Depak Aaron Wan-Bissaka semenjak MU

Pamrih pencangkokan adalah untuk mendapatkan anak uang ataupun konsentrat untuk pembangunan bank klon, kebun mani klon, dan kebun persilangan karena dengan teknik ini, konsentrat yang dihasilkan bersifat dewasa sehingga lebih cepat berbunga maupun berhasil.

Transplantasi dilakukan pada pohon-pokok kayu plus nan mutakadim dipilih di kebun benih.

Target dan peralatan yang digunakan, antara lain media cangkok (moss cangkok, top soil, dan bunga tanah), korban pembungkus cangkok terbit polibag hitam, benang rafia, zat pengatur bertaruk akar, insektisida, tali tap jenama, spidol permanen, pisau cangkok, parang, gergaji tangan, dan perabot catat.

Berikut
mandu mencangkok tanaman
dengan praktis dan mudah, dilansir berbunga
Merdeka, Kamis (17/12/2020).

Pendirian Mencangkok Pohon Secara Konvensional

Berikut ini cara mencangkok pokok kayu dengan cara konvensional alias prinsip mencangkok tanaman yang paling kecil banyak dan sah dilakukan oleh pembajak;

  1. Membeda-bedakan cagak nan telah sehat dan kuat alias mutakadim berkayu.
  2. Ukuran diameternya sekitar 0,5-2 cm, enggak lebih mungil dari ukuran pensil. Sebaiknya warna kulit cabang cokelat muda atau baru kecokelatan, tergantung variasi tumbuhan buah-buahannya.
  3. Cagak kemudian disayat dengan pisau secara melingkar dan dibuat memulur ke bawah sepanjang 3-5 cm atau dua bisa jadi diameter cabang.
  4. Kemudian, kulitnya dikelupas sehingga bagian kambium yang seperti lendir tampak jelas. Kambium ini dihilangkan dengan cara dikerik dengan indra penglihatan pisau sehingga ceria atau kersang.
  5. Sesudah dikerik, pada keratan bagian atas diolesi ataupun tanpa diolesi dengan hormon tumbuh. Arketipe hormon bersemi adalah Liquinox Start Vitamin B-1 yang banyak dijual di toko pertanian dengan dosis 2 cc bikin 1 liter air.
  6. Siapkan lembaran plastik atau sabut kelapa melingkar menyelubungi batang di bagian radiks keratan (1-2 cm). Bebat dengan tali plastik alias rafia.
  7. Selanjutnya, bekas sayatan ditutup dengan sarana cangkok, ki alat diatur penempatannya sebaiknya rata menutupi luka keratan hingga melalui luka keratan bagian atas (1-2 cm).
  8. Cangkokan dirawat dengan pendirian disiram secara rutin agar lain gersang. Umumnya pasca- 2-3 bulan pada cangkokan yang berdampak akan merecup akar.
  9. Lega ki memasukkan akar keluar karena distribusi zat makanan (karbohidrat) dan auksin (hormon tumbuh yang mendorong keluarnya akar susu) mengalir ke bawah menerobos indra peraba gawang (phloem) dan terhambat di bagian keratan sebelah atas sehingga pada keratan bagian atas ini penumpukan fruktosa dan hormon makara meningkat dan berbentuk kalus yang berubah menjadi akar tanaman.
  10. Apabila akar telah memenuhi media, hasil cangkokan dianggap berhasil. Daun pada cabang terpandang segar. Cangkokan sudah dapat dipotong alias disapih berpunca induknya. Pemotongan cangkokan yang sudah bertunas ini dilakukan dengan menunggangi gunting stek atau gergaji di bawah ikatan cangkok.
  11. Setelah dipotong dari induknya, sebagian patera dikurangi untuk menghindari penguapan yang berlebihan. Bacok 1/2-1/3 helai daun dari seluruh patera yang ada dengan gunting stek. Plastik pembungkus media dilepaskan. Setelah itu cangkok disemaikan kerumahtanggaan polybag.
  12. Sesudah cukup besar, cangkokan bisa dipindah ke kebun.
Baca :   Keputihan Seperti Susu Basi

Cara Mencangkok Tumbuhan dengan Media Kantong Plastik

Teknik ini hampir proporsional dengan cara mencangkok tanaman lazim. Bedanya, media cangkok nan gunakan, merupakan cocopit (abuk sabut kelapa) yang banyak tersedia di toko pertanian maupun sabut kelapa nan sudah lebih dulu dimasukkan ke kantong plastik.

  1. Sabut kerambil dikupas atau dipisahkan dengan babak alat peraba luarnya yang keras. Nan digunakan hanya sabut nyiur minus kulitnya.
  2. Sabut kelapa direndam kerumahtanggaan air, paling lama 1 minggu kiranya melunak sehingga mudah dipisah-pisahkan dan hilang makanan zatnya karena zat tersebut dapat membancang pembentukan akar susu tanaman.
  3. Sabut kelapa dijemur dan dipisahkan serat-seratnya, maka sabut nyiur tersebut sudah siap digunakan, atau sabut nyiur kita sembelih-potong lebih kecil.
  4. Kendaraan, bubuk atau rincihan sabut nyiur ditaruh di wadah.
  5. Tambahkan hormon pertumbuhan atau nutrisi, contoh Liquinox Start Zat makanan B-1 yang banyak dijual di toko perladangan dengan dosis 2 cc bikin 1 liter air.
  6. Media tadi dimasukkan ke kantong plastik ukuran ¼ kg untuk diameter batang nan kecil dan ½ kg bagi penampang batang yang lebih besar (ukuran kantong plastik disesuaikan diameter jenazah yang akan dicangkok).
  7. Isikan media dan padatkan sebatas ¾ plastik, kemudian tarik ujung kantong plastik dan ditalikan. Bersumber 2 kg media akan dihasilkan 15-20 kendaraan n domestik kantong plastik. Media privat saku plastik tersebut tahan sampai dengan 1 bulan.
  8. Mandu pemanfaatan media tersebut habis menyobek ataupun mengiris mengaret satu sisi kantong plastik. Sisi carikan tadi dimasukkan dari episode bawah luka bila posisi batang mengufuk atau datar. Plong posisi batang merembah adil dimasukkan, kemudian diselubungkan secara merata ke keratan mayit tanaman.
  9. Selanjutnya diikat agar media sreg posisi nan benar.
Baca :   Cara Membuat Rak Sepatu Dari Paralon

Peristiwa-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mencangkok

Berikut ini merupakan peristiwa-hal yang perlu diperhatikan pada kegiatan pencangkokan, yaitu;

  • Transplantasi sebaiknya dilakukan plong tahun hujan sehingga akan membantu menjaga kelembapan kendaraan sampai berakar.
  • Pengambilan cangkok dilakukan setelah ki memasukkan berusia 2-3 bulan. Pemotongan menanamkan menggunakan gergaji, kemudian diturunkan secara hati-hati. Cangkok nan bersisa tataran dipotong sebagian dan daunnya dikurangi untuk mencegah terjadinya penguapan nan berlebih lautan.
  • Menanamkan yang telah dipisahkan pecah pohon induknya buru-buru ditanam (penyesuaian) pada sarana paduan tanah dengan kompo maupun cendawan kandang (3:1). Kegiatan ini dilakukan di persemaian yang diberi naungan dengan keseriusan cahaya kian berpangkal 50 tip. Pemeliharaan menyuntikkan di persemaian dilakukan sampai bibit siap ditanam di lapangan. Biasanya setelah tiga bulan, cangkok mutakadim memiliki perakaran yanag kompak dan siap dipindahkan ke pelan.
  • Pembuatan menyuntikkan pada suatu pohon enggak boleh dilakukan dalam total banyak karena akan mengganggu atau merusak pokok kayu tersebut.

Disadur dari:Merdeka.com (Penyadur: Edelweis Lararenjana. Published: 14/5/2020)

Gambar Cara Mencangkok Tanaman

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4434777/cara-mencangkok-tanaman-dengan-praktis-mudah-dan-benar

Check Also

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu. Punya hobi dibidang kerajinan dan kreativitas, mau punya penghasilan lebih …