Cara Mengobati Kista Bartholin Dengan Salep

Cara Mengobati Kista Bartholin Dengan Salep.

Kista Bartholin yaitu benjolan berisi cairan akibat tersumbatnya kelenjar Bartholin. Kista Bartholin kebanyakan berukuran kecil dan bukan menimbulkan rasa linu. Meski

demikian
, jikalau enceran di internal kista Bartholin terinfeksi,

maka d terjadi

abses

atau

reklamasi nanah.

Bartholin merupakan kelenjar yang terletak di kedua jihat labium vagina. Kelenjar ini berformat kecil sehingga tidak mudah terdeteksi maka dari itu tangan atau indra penglihatan. Kelenjar Bartholin berfungsi menyingkirkan cairan yang berperan sebagai pelumas saat bersambung seksual.

Penyebab Kista Bartholin

Kista Bartholin disebabkan oleh penyumbatan pada parit kelenjar Bartholin. Saat saluran tersumbat, cairan akan tertampung di dalam sungai buatan alias sekali lagi masuk ke dalam glandula. Lama-kelamaan, peristiwa itu akan menyebabkan saluran atau kelenjar membelenting dan membentuk kista.

Belum diketahui secara pasti penyebab tersumbatnya saluran kelenjar Bartholin. Akan tetapi, kondisi tertentu, seperti luka, beda, iritasi yang berulang, dan operasi, plong vagina dapat meningkatkan risiko tersumbatnya kelenjar Bartholin.

Pada beberapa kasus, kista Bartholin juga dikaitkan dengan infeksi menjalar seksual, yaitu gonore dan chlamydia. Selain itu, infeksi
Escherichia onani
juga demap dikaitkan dengan munculnya kista Bartholin.

Kista Bartholin bisa terjadi sreg semua kelompok vitalitas. Namun, kondisi ini lebih buruk perut terjadi sreg wanita usia 20–30 perian yang aktif secara seksual. Kista ini musykil terjadi plong wanita yang sudah lalu mati haid, karena kelenjar Bartholin sudah lalu menyusut.

Gejala Kista Bartholin

Kista Bartholin selit belit menimbulkan gejala. Gejala baru akan muncul kalau ukuran kista sudah lalu cukup besar. Belaka, secara masyarakat, sumbatan pada glandula Bartholin dapat menimbulkan gejala berupa:

  • Benjolan kecil yang tidak terasa sakit, dan galibnya terjadi hanya pada riuk satu labium vagina
  • Kemerahan dan pembengkakan di sisi bibir vagina
  • Rasa tidak nyaman momen berjalan, duduk, atau berhubungan seksual
Baca :   Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Dari Pipa Paralon

Jika kista mengalami infeksi dan berkembang menjadi abses, akan unjuk sejumlah gejala bukan, yakni:

  • Benjolan terasa nyeri dan lunak
  • Vagina tertentang menggembung
  • Keluar nanah puas benjolan
  • Demam

Kapan harus ke medikus

Untuk penapisan ke dokter seandainya timbul benjolan di sekitar vagina. Pemeriksaan bertujuan cak bagi mengetahui penyebab benjolan dan mendeteksi sedini mungkin takdirnya suka-suka kondisi yang lebih serius.

Lekas ke dokter jika benjolan timbul saat Beliau berumur makin berpokok 40 perian. Meski cukup runyam, kondisi ini boleh melambangkan kebobrokan alias kondisi lain yang lebih betul-betul, seperti kanker.

Perlu diketahui bahwa kista Bartholin dapat kambuh. Lakukan sensor ke sinse jika gejala kista muncul kembali meskipun sudah pernah dinyatakan sembuh.

Diagnosis Kista Bartholin

Dokter akan melakukan tanya jawab adapun gejala dan riwayat kesehatan pasien. Sehabis itu, dokter akan melakukan pemeriksaan jasad, terutama di babak bopong dan vagina, cak bagi melihat kista secara langsung. Biasanya, kista hanya terjadi pada suatu jihat vagina, sementara sisi lainnya kukuh berukuran resmi.

Jika diperlukan, dokter juga akan mengerjakan beberapa penapisan penunjang berikut ini:

  • Belai (swab) vagina, cak bagi mendeteksi infeksi menjangkit seksual, dengan mengambil dan meneliti sampel enceran berpunca kista ataupun leher rahim (serviks)
  • Biopsi, untuk mendeteksi kurungan-sel abnormal, termasuk rumah tahanan kanker, dengan mengambil sampel jaringan glandula Bartholin

Pengobatan Kista Bartholin

Pengobatan kista Bartholin disesuaikan dengan matra kista dan gejala yang muncul. Kista kecil yang tidak menimbulkan gejala kebanyakan tidak memerlukan penanganan dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Sebaliknya, kista membutuhkan pengobatan seterusnya seandainya menimbulkan gejala atau mengalami infeksi dan berkembang menjadi abses. Berikut adalah sejumlah metode pengobatan yang dapat dilakukan:

Baca :   Yang Menerapkan Sistem Tanam Paksa

1. Berendam di air hangat maupun
sitz bath

Pada tahap awal, sinse akan memunculkan pasien bagi duduk berendam di dalam air hangat sekelas panggul ataupun
sitz bath
,
selama 3–4 masa. Cara ini bisa membantu meredakan nyeri dan rasa tak nyaman di radas dekat, dan terkadang bisa mengendalikan kista yang masih berukuran kecil.

Sitz bath
dapat dilakukan secara mandiri di apartemen.

2. Obat-obatan

Pembeli pereda sakit, seperti paracetamol, dapat dikonsumsi kerjakan meredakan rasa sakit. Selain itu, dukun juga dapat memberikan penawar antibiotik kerjakan meredakan infeksi yang menyebabkan timbulnya abses pada kista.

Antibiotik lagi dapat digunakan jika infeksi menyebar ke selerang atau jaringan di sekitar abses atau detik penderita mengalami infeksi menjalar seksual.

3. Persuasi insisi dan drainase

Persuasi insisi dan drainase perlu dilakukan jika ukuran kista pas besar, malah seandainya terjadi infeksi. Operasi dilakukan dengan membuat sayatan kerdil (insisi) pada kista agar cairan nanah di dalamnya boleh keluar.

4. P
emasangan kateter

Pemasangan selang dengan balon kateter dilakukan untuk mengkhususkan larutan bisul. Pada prosedur ini, sayatan katai dibuat bikin memasukkan kateter ke dalam kista. Sesudah itu, balon dikembangkan bikin menjaga agar kateter tidak maaf dan boleh bersikeras selama 2–6 minggu.

5. Marsupialisasi kista

Prosedur ini dilakukan dengan membuat sayatan pada kista untuk mengeluarkan cairan nanah. Setelah itu, dokter akan menjahit ujung irisan puas jangat di sekitarnya agar kista tetap mangap secara permanen.

Marsupialisasi kista boleh dikombinasikan dengan pemasangan kateter.

6. Pengangkatan glandula Bartholin

Prosedur ini dilakukan jikalau prosedur enggak lain berhasil. Operasi dilakukan dengan mengangkat seluruh kelenjar Bartholin.

Sejauh proses penyembuhan, terdahulu lakukan selalu menjaga kebersihan area kista sesuai dengan anjuran dokter. Mudahmudahan hindari aktivitas seksual sepanjang proses terapi. Selain itu, gunakan pembebat selama kateter masih terpampang, karena nanah akan terus mengalir seiring dengan hilangnya infeksi.

Baca :   Kerajinan Dari Ranting Kayu Dan Cara Membuatnya

Komplikasi Kista Bartholin

Problem nan mungkin disebabkan maka dari itu kista Bartholin adalah kambuhnya kista atau infeksi. Jika tidak ditangani, infeksi bisa masuk ke intern rotasi darah dan memencar ke seluruh raga sehingga menyebabkan sepsis. Kendati semacam itu, kondisi ini jarang terjadi.

Pencegahan Kista Bartholin

Mengingat penyebabnya belum diketahui secara pasti, kista Bartholin musykil lakukan dicegah. Akan tetapi, suka-suka bilang cara yang bisa dilakukan buat mengedrop risiko terjadinya abses atau infeksi lega kista, ialah:

  • Jaga kebersihan organ akrab, dan biasakan untuk membersihkan alat rapat persaudaraan dari arah depan ke belakang.
  • Hindari mengaryakan baju dalam dan serawal yang berlebih ketat atau berbahan kasar.
  • Gunakan kondom saat gandeng intim bagi mencegah infeksi menular seksual.

Cara Mengobati Kista Bartholin Dengan Salep

Source: https://www.alodokter.com/kista-bartholin

Check Also

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu. Punya hobi dibidang kerajinan dan kreativitas, mau punya penghasilan lebih …