Cara Mengobati Anak Kucing Cacingan

Cara Mengobati Anak Kucing Cacingan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mendapati kucing peliharaan yang meradang cacing alias keremian tentu lain semata-mata membuat histeris, semata-mata juga menjijikan.

Kondisi ini juga membuat membancang kucing beraktivitas, takhlik kucing mersik meski sudah banyak bersantap, tambahan pula dapat berakibat buruk puas kesehatannya.

Baca juga: Kenali, Ini Penyebab dan Tanda Kucing Cacingan

Tetapi, bukan mesti resah, supaya cacingan bisa menyebabkan keburukan benar-benar pada kucing, biasanya kondisi ini sangat mudah diobati.

Ada banyak macam perawatan nan tersaji bakal memulihkan kucing cacingan. Perawatan ini berdasarkan gejala dan tipe cacing nan menginfeksi kucing.

Ditambah, mengobati kucing cacingan sangatlah mudah karena obat cacing sekarang tersaji kerumahtanggaan bentuk hancuran, tapal, butiran, dan tablet cacing nan sehingga Anda dapat memilih yang paling mudah bagi kucing peliharaan.

Baca lagi: 4 Alasan Kucing Mengedipkan Salah Satu Matanya

Jangan mengobati dengan perawatan alami


Shutterstock/Eleni Alina
Ilustrasi kucing cacingan.

Namun, hindari mengobati kucing cacingan dengan cara rumahan. Ada sejumlah pengobatan “rumahan” yang diklaim efektif mengobati kucing cacingan, termasuk bawang putih, cuka ekstrak apel, biji labu, wortel, dan kunyit.

Namun, menyedang merawat dan mengobati kucing keremian dengan pengobatan alami dan penawar cacing nan dijual bebas tidak wasilah direkomendasikan.

Meski kelihatan sebagai halnya alternatif nan lebih cepat dan lebih murah, tak terserah jaminan bahwa produk tersebut aman atau efektif mengobati semua jenis cacing dan itu sememangnya boleh berbahaya untuk meong.

Karena itu, pengobatan terbaik sekaligus mencegah hal-hal nan tidak diinginkan adalah mengirimkan kucing ternak ke tabib binatang untuk mencerna kondisi dan pengobatan segala yang sesuai.

Baca lagi: Kenali, Ciri-ciri Kucing Mengalami Cacingan

Baca :   Cara Memutihkan Baju Putih Yang Menguning

Yohana Novita Kristiani, dokter hewan nan berpraktik di klinik fauna Uttara Veterinary, Madiun, Jawa Timur, prinsip efektif mengobati kucing cacingan adalah memberikan obat cacing buat kucing.

Belaka, sebelum memberikannya, introduksi Yohana, pemilik kucing perlu berkonsultasi malar-malar dahulu ke tabib hewan mengenaik kondisi sahabat bulu seperti apakah dalam kondisi baik atau tak.

“Misalnya, anabul (anak bulu) medium bukan nafsu bersantap dan diare, makan hadiah remedi cacing tidak bisa langsung diberikan. Harus diselesaikan dahulu penyakit diarenya,” imbuh Yohana dihubungi
Kompas.com
via pesan bacaan, baru-mentah ini.

Selain itu, setiap kucing memiliki gejala dan tipe cacing yang menginfeksi berbeda. Kondisi ini pasti membuat cara mengobati kucing cacingan tak bisa disamakan.

Belum pula, hayat kucing. Tentu saja, terapi alias dosis obat cacing antara anak kucing dan kucing dewasa farik.

Baca pula: Kenali, Ini 10 Tanda Kucing Keremian

Cukup dengan obat cacing

Ilustrasi kucing Siam atau Burma
Shutterstock/Dasha Trofimova
Ilustrasi kucing Siam atau Burma

Dilansir bersumber
PetMD,
Minggu (12/6/2022), rata-rata, untuk mengobati kucing cacingan, dokter hewan akan meresepkan obat cacing oral atau suntik yang akan mendabih cacing dewasa dan ulat mago yang cak semau plong usus setelah mendiagnosis.

Ada banyak remedi cacing untuk meong yang boleh diberikan seperti Panacur (fenbendazole) dan Drontal Terlalu (pyrantel, praziquantel, fenbendazole) dapat digunakan untuk mengobati infeksi cacing tambang, cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing pita.

Baca sekali lagi: Punya Kucing Peliharaan yang Galak? 3 Hal Ini Boleh jadi Penyebabnya

Namun, remedi-pengasosiasi ini harus diberikan dengan membedabedakan kepada kucing sesuai dengan petunjuk mantri hewan. Kucing peliharaan mungkin memerlukan beberapa dosis bakal menyembelih larva yang sudah lalu menetas pasca- dosis pertama diberikan.

Baca :   Cara Padi Berkembang Biak

Praziquantel juga tersedia sebagai pengobatan injeksi suatu kali buat infeksi cacing pita, nan bekerja dengan melumpuhkan dan mengeluarkan pengisap cacing pecah dinding usus sehingga memungkinkan cacing dikeluarkan melewati tinja.

Baca kembali: 5 Cara Mencegah Meong Peliharaan Menyemprotkan Urine di Rumah

Selain itu, dokter hewan juga dapat merekomendasikan melakukan pencegahan kutu topikal alias oral bulanan karena infeksi cacing pita dapat kambuh kembali jika cak semau kutu di lingkungan flat.

Perlu diketahui, meong dapt terkontaminasi cacing dengan meratah tungau, nan merupakan inang makelar bersumber cacing pita yang biasa mencela meong.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap musim dari Kompas.com. Yuk bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install permintaan Benang kuningan malah tinggal di ponsel.

Cara Mengobati Anak Kucing Cacingan

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/12/151000576/jangan-asal-ini-cara-tepat-mengobati-kucing-cacingan?page=all

Check Also

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Susu. Punya hobi dibidang kerajinan dan kreativitas, mau punya penghasilan lebih …