Cara Mengeringkan Hp Baterai Tanam

Cara Mengeringkan Hp Baterai Tanam.

Setiap barang elektronik begitu juga contohnya ponsel pasti tidak lepas dari kebobrokan, lazimnya yang sering terjadi adalah jatuh atau kemasukan air. Ponsel yang kejangkitan maupun kesampukan air memang bisa mewujudkan kita panik, sebab air bisa berpotensi destruktif komponen yang cak semau di dalam ponsel sehingga membuatnya mati total dan tidak bisa digunakan kembali. Jika ini terjadi sreg kamu, jangan ganar dan nanar! Ada beberapa cara mengatasi HP kemasukan air yang bisa kamu coba sebelum membawanya ke ajang servis. Di bawah ini, Qoala sudah menghimpun berbagai macam cara dan panduan lengkap bikin mengatasi hp nan kemasukan air, baik yang aki tanam maupun bagian speaker doang.

Cara Memintasi HP Kemasukan Air

Sumber Foto: Treetree2016 via. Shutterstock

Sungguhpun kini sudah mulai banyak vendor yang memproduksi ponsel pintar dengan barometer IP68 atau kemampuan tahan air, tapi tetap hanya ponsel bukan dapat selamat takdirnya air masuk ke komponen di dalamnya. Secara umum, air memang menjadi padanan utama bagi pemilik komoditas elektronik seperti ponsel. Kamu bisa secara tidak sengaja melimpahi air ke atas ponsel ataupun menjatuhkan ponsel ke dalam genangan air intern.

Jika tidak ditangani dengan cara nan sopan, HP nan kemasukan air bisa mengalami kerusakan parah terutama yang mempunyai baterai tanam. HP bisa mengalami risiko layar putih, adanya kebinasaan atau error, dan bahkan mati total. Nah, anda dapat mencoba cara-cara di dasar ini bikin mengendalikan ponsel yang dijangkiti atau majenun air.

1. Langsung Angkat HP dari N domestik Air

Air dapat masuk ke dalam komponen ponsel melalui celah-celah sempit sebagai halnya gorong-gorong jack earphone atau charger. Kalau ponselmu terperenyuk ke n domestik genangan air, tentunya hal mula-mula nan harus kamu untuk adalah sewaktu mengangkat ponsel berpokok kerumahtanggaan air secepat mana tahu. Hal ini untuk menjauhi kemungkinan semakin banyak air yang berhasil merembes masuk ke privat ponsel. Jika ponselmu terkena tumpahan air, segera jauhkan bersumber sumber air tersebut. Dan jika terkena air intern keadaan sedang di-charge, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu baru ambil ponsel untuk menghindari risiko kamu kesetrum.

2. Jangan Langsung Menggarangkan HP

Cara menguasai HP majenun air selanjutnya yaitu jangan simultan menyalakannya. Kebanyakan orang nan mangut akan bersama-sama menyemangati ponsel buat mengecek apakah ponsel tersebut masih konsisten boleh berfungsi normal dan tidak rantus kerusakan parah karena air.

Padahal, saat dijangkiti atau tenggelam air, kemungkinan besar air sudah terserah nan masuk ke privat bilang bagian ponsel. Sehingga osean kemungkinannya jika langsung ia nyalakan, akan rentan terjadi korsleting yang subversif ponsel seterusnya. Jika ponsel makmur dalam keadaan jiwa, lagi segera matikan sinkron bagi menghindari risiko tersebut.

3. Lempar Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Langkah berikutnya, buru-buru lepaskan suku cadang nan dapat dilepas. Jika ponselmu masih bukan tergolong diversifikasi baterai tanam, kamu dapat segera melepaskan baterai, tiket SIM, dan memory card yang terbentang di ponsel. Hal ini bertujuan kerjakan mencegah kerusakan selanjutnya di area-kawasan tersebut. Jangan lupa untuk mengkhususkan case atau cover dan casing ponsel yang terbambang untuk membantu memberikan “jalan keluar” bagi air dan memudahkan proses pengeringan.

4. Keringkan Seluruh Bagian HP

Kemudian keringkan semua episode ponsel baik asing maupun n domestik. Yang permulaan harus kamu pastikan segera kersang adalah bagian layar atau LCD. Sebab bagian ini merupakan yang minimum rentan rusak jika terkena air. LCD berisi filamen lunak dan biasanya lain tahan pada kelembaban air, dan seandainya dibiarkan basah terlalu lama boleh unjuk titik atau flek hitam di bagian layar LCD ponsel.

Kamu bisa menggunakan lap kering yang mudah menyerap air atau menggunakan penghisap udara sama dengan vacuum cleaner. Tapi jangan menodongkan corong terlalu dekat karena dapat menghasilkan listrik statis yang tentunya lebih berbahaya dari air. Selain itu, menjemur di bawah binar matahari langsung juga tidak disarankan karena terlalu panas dan juga bisa destruktif LCD alias layar bila dijemur dengan bagian depan menghadap atas.

5. Kubur HP ke Internal Beras Bilang Masa

Salah satu cara mengeringkan HP yang majenun atau dijangkiti air adalah dengan merendamnya di beras kering. Cara unik ini terbilang cukup ampuh, sebab beras memiliki kebiasaan menyerap kelengasan yang membantu penyerapan air berusul dalam ponsel dengan lebih cepat dan mudah. Berikut langkah yang tepat lakukan mengacapi ponsel yang kejangkitan air di dalam beras:

Rampas saku plastik atau ziplock, isi dengan satu mangkok semenjana beras gersang dan bersih
Letakkan bagian-bagian ponsel seperti baterai, kartu SIM dan memori, serta penggalan jasad ponsel ke dalam kantong tersebut
Jaras atau tutup dengan kencang
Diamkan selama setidaknya 2-3 hari, baru kemudian cek apakah ponsel boleh dinyalakan.

Baca :   Cara Membuat Kerajinan Dari Kardus Sepatu

6. Gunakan Silika Gel bakal Menyerap Kelengasan

Selain beras, kamu juga dapat menggunakan silika gel karena sekelas-sama n kepunyaan adat menyerap kelembapan. Plong perangkat elektronik, silika gel sekali lagi dipercaya produktif mencegah kondensasi maupun pengembunan. Rapat persaudaraan sama dengan cara mengeringkan memperalat beras, kubur bagian-bagian ponsel yang telah lepas di n domestik tumpukan silika gel. Diamkan sepanjang bilang waktu lakukan memastikan semua air sudah lalu terserap dan benar-bermartabat kering.

7. Manfaatkan Pasir Kucing Bersih

Kalau kamu menernakkan kucing di rumah, anda juga boleh menggunakan kersik halus meong yang masih bersih untuk menyurutkan air yang masuk ke dalam ponsel. Rebut sekitar suatu kobok osean pasir meong (pastikan masih tulen), lalu masukkan ke internal wadah baskom ataupun kantong plastik, kubur semua adegan ponsel nan telah terlepas dan diamkan sepanjang beberapa hari.

Mandu Mengatasi HP Baterai Tanam nan Kemasukan Air

Belakangan ini akrab sebagian ponsel weduk nan diproduksi sudah mengadopsi spesies lampu senter tanam ataupun istilahnya non-removable. Jenis ini menanamkan baterai menunggangi kabel fleksibel ke mainboard sehingga tidak bisa dicabut atau dilepas dengan mudah begitu juga ponsel-ponsel lawas. Desain spesies ini dibuat sedemikian rupa sepantasnya untuk meminimalisir air yang secara lain sengaja masuk ke dalam ponsel, namun kendati begitu tidak semua ponsel tipe ini memiliki kemampuan tahan air.

Beberapa kaidah berikut bisa digunakan untuk mengatasi HP nan tergolong jenis baterai tanam dan terkena atau kemasukan air nan boleh engkau coba:

1. Buru-buru Matikan HP

Ketika ponsel terkena alias terjatuh ke dalam air, segera lenyapkan ponsel setelah mengangkatnya. Apabila ponsel dalam keadaan nyenyat, jangan dinyalakan dalam hal basah, karena boleh menimbulkan arus pendek atau korsleting dan subversif komponen yang cak semau di dalamnya. Hal ini juga boleh memicu kerusakan yang lebih betul-betul yang membentuk ponsel antap kuantitas.

Apalagi jika ponselmu dihinggapi air masin seperti air laut yang malah semakin mempercepat kebinasaan karena berperangai korosif. Korosif yakni fasad lega logam nan disebabkan maka itu reaksi yang menyebabkan timbulnya karat. Jika ponsel sudah mengalami hal ini, maka membidik selit belit cak bagi diperbaiki dan harus diganti dengan onderdil yang mentah yang kali harganya boleh sangat mahal.

2. Lepaskan Casing, SIM Card, dan Memory Card

Mengeluarkan alat yang mepet yaitu langkah selanjutnya. Saja karena baterai dan casing sreg ponsel dengan baterai tanam tidak bisa dilepas dengan mudah, campakkan saja bagian yang boleh dilepaskan seperti kartu SIM dan memori pecah tempatnya. Urai semua intiha nan ada di ponsel seperti wadah SIM atau penutup jack earphone. Jangan sekali-bisa jadi melepasnya dengan paksa malah sekiranya kamu tidak memiliki pengalaman membongkar ponsel yang baik, sebab n domestik ponsel sudah terdapat Liquid Damage Indicator (LDI). Jika LDI rusak bisa membuatmu kehabisan garansi dan tentunya berisiko menimbulkan kerusakan lainnya.

3. Kibaskan HP bagi Menyingkirkan Air yang Sederhana

Pasca- semua episode terlepas, kemudian kibaskan atau merewang-goyangkan penggalan bodi HP secara perlahan untuk mengeluarkan air yang suka-suka di dalamnya. Agar lakukan dengan diskriminatif, karena bisa berisiko air tersebut sampai-sampai semakin menyebar ke bagian tak atau terlempar karena mengibaskannya plus keras. Patut goyangkan maupun kibaskan perlahan ke satu sebelah saja.

4. Keringkan HP dengan Lap yang Menyerap Air

Jikalau engkau takut untuk mengibaskan ponsel karena risiko air yang bisa menyebar ke onderdil tidak, engkau kembali dapat langsung mengeringkan ponsel menggunakan lap yang mudah menyerap air. Pastikan lap tiras ini betul-betul bisa menyerap air dan dalam keadaan kering. Dan ketika mengeringkan, cukup tempelkan secara perlahan ke fragmen nan terwalak air ataupun basah dan tidak perlu menggosoknya karena dapat menyebarkan air.

Babak pertama nan terbiasa kamu keringkan ialah bagian asing, terutama LCD maupun layar karena penggalan ini paling rentan terhadap air. Baru kemudian fragmen lainnya seperti gaung konektor charger dan earphone.

5. Petro Papan Putih Juga Bisa Dijadikan Alternatif

Alternatif cak bagi mencegah terjadinya korosi atau karat pada besi adalah memperalat thinner atau petro kayu putih. Bersihkan sejumlah komponen ponsel dengan menggunakan sikat gigi maupun kuas berbulu lembut bikin mengaplikasikannya. Sedapat mungkin jangan menggunakannya plus banyak karena dapat membuatnya terduduk di dalam komponen tersebut dan malah merusak.

Baca :   Cara Mengobati Diabetes Basah

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Sendang Foto: Jose y yo Estudio via. Shutterstock

Saat ponsel kemasukan air, bagian bukan yang pun rawan dan perasa sehingga cepat busuk adalah speaker. Speaker juga menjadi komponen terdepan karena digunakan untuk mendengarkan celaan. Kebinasaan yang bisa terjadi saat terkena air bila tak taajul diatasi merupakan bunyi menjadi mungil alias tidak jelas, pecah, cempreng, atau sampai-sampai malah tidak mengeluarkan suara sama sekali. Cara ini dapat dipakai bikin mengeluarkan air pecah iPhone dan Smartphone lainnya. Makanya karena itu, buru-buru selamatkan penggalan speaker di ponselmu nan terkena air memperalat langkah-langkah berikut ini:

1. Cek Tagihan Speaker HP

Cara permulaan lakukan mengatasi bagian speaker HP yang kesurupan atau terkena air ialah mengecek volumenya terlebih lewat. Cara ini dilakukan untuk mengerti apakah suara nan dikeluarkan masih normal atau enggak, yaitu dengan menaikkan pengaturan debit suara menjadi maksimal. Langkah-langkahnya bisa dengan mudah engkau kerjakan, yaitu:

  • Beber Settings atau Pengaturan
  • Diskriminatif menu Suara
  • Adv amat atur volume suara, perhatikan apakah suaranya kurang jelas alias kurang keras.

2. Bersihkan Speaker HP dari Ibun dan Debu

Saat terkena air, embun atau kotoran debu boleh masih berapit lega speaker. Kotoran ini bisa mengakibatkan obstulen kemresek atau menjadi lirih pada speaker. Bersihkan hajat terbit speaker dengan memperalat kapas sesudah membuka casing HP terlebih lalu (jika speaker berada di penggalan belakang). Pada ponsel baterai tanam nan tidak dapat dibuka casingnya, beliau bisa menunggangi alat berdosis kecil seperti mana jarum atau peniti kemudian titip dan padatkan kapas di ujung penyemat tersebut, kemudian masukkan ke dalam lubang untuk membersihkannya sewaktu mengeringkan sisa air.

3. Segera Keringkan Speaker HP

Terdahulu buat segera mengeringkan bagian speaker HP yang terkena air atau basah. Suka-suka banyak metode yang bisa ia gunakan untuk mengeringkannya sesuai dengan alat yang tersedia di rumahmu, berikut di antara:

a. Mengeringkan Speaker HP Kemasukan Air Menunggangi Beras

Merendam fragmen ponsel yang basah karena terkena air dalam beras yaitu cara sederhana nan diklaim ampuh, disebabkan maka itu sifat beras yang berada menyerap kelengasan. Bagi metode ini, tuangkan beras yang pas banyak untuk mengubur seluruh komponen ponsel tersurat speaker ke privat mangkok, baskom, alias kantong plastik. Hawa suam yang timbul karena tumpukan beras boleh dengan cepat mengeringkan air dari ponsel. Diamkan selama 2-3 hari, dan jika sudah sungguh-sungguh kering bisa dinyalakan.

b. Mengeringkan Speaker HP Kemasukan Air Menggunakan Hair Dryer

Metode selanjutnya adalah memperalat pengering bulu atau hair dryer. Angin panas yang dihembuskan bisa kontributif mengeringkan ibun air yang menempel lega speaker. Cara mengeringkan HP menggunakan hair dryer yang bermartabat adalah andai berikut:

Nyalakan hair dryer, atur ke kecondongan merangsang yang paling rendah
Arahkan ke penggalan speaker
Pasrah jeda kira-kira 5-10 detik lakukan didinginkan sebelum dikeringkan kembali

Kerumahtanggaan beberapa kasus, meringkaikan ponsel memperalat hair dryer tidak disarankan karena boleh menimbulkan master seksi yang cukup tangga yang dapat negatif komponen ponsel jika terpapar n domestik waktu yang lama. Maka dari itu, jangan gunakan terlalu lama, maupun kamu bisa menggunakan metode lainnya.

c. Mengeringkan Speaker HP Kemasukan Air Menggunakan Kipas Angin

Jika kamu tidak memiliki hair dryer alias enggak ingin menggunakannya, metode alternatif lainnya yakni menggunakan kipas angin buat meringkaikan speaker HP. Caranya mudah, cukup gantungkan atau taruh ponsel tersebut di depan kipas angin dan atur agar jihat anginnya fokus ke ponsel. Dengan menggunakan pendirian ini, biasanya ponsel akan boleh kering dalam tahun 5-6 jam.

4. Tes Pun Suara Speaker HP

Setelah semua cara di atas mutakadim beliau untuk dan memastikan HP benar-benar kersang, maka langkah selanjutnya yaitu mengetes suara speaker. Engkau dapat mengamalkan cara tes tagihan seperti di atas, yaitu menaikkan volume menjadi maksimal. Perhatikan dan tangkap suara kualitas suara miring yang keluar pecah speaker, jika terdengar suara miring yang jelas dan keras berarti speaker sudah pun normal.

Kamu kembali bisa melakukan tes menggunakan kode daya. Beberapa HP Android n kepunyaan kode muslihat nan boleh digunakan untuk mengaktifkan fitur-fitur gadungan, keseleo satunya untuk melakukan pengecekan suara speaker. Kodenya berbeda-beda pada tiap nama ponsel, yang dapat diakses dengan mengetiknya pada menu dial up lampau membeda-bedakan Call atau Panggil. Kode ini memungkinkan kita bikin dapat melakukan uji coba perkakas gentur lega ponsel, jadi jika speaker HP ternyata tak berbunyi setelah dites, kemungkinan besar mengalami kerusakan.

Baca :   Cara Memutihkan Sepatu Converse

5. Bopong ke Service Center Jika Masih Bersoal

Apabila sesudah melakukan tes suara minor, sahaja suara minor yang dihasilkan speaker tidak resmi maupun masih bermasalah, maka langkah bungsu yang bisa kamu lakukan yaitu membawanya ke panggung servis khusus segel ponsel milikmu. Namun untuk kasus kerusakan nan disebabkan maka itu air enggak akan mendapatkan garansi karena termasuk kesalahan pengguna. Apabila kerusakan yang ditimbulkan parah, kemungkinan besar anda harus mengganti komponen yang rusak dengan nan baru, dan kali kamu harus merogoh kocek nan samudra kerjakan mengupah biaya servisnya.

Situasi-hal yang Harus Dihindari Saat HP Kemasukan Air

Saat berbuat pendirian mengatasi HP kerasukan air, suka-suka beberapa kejadian yang mudah-mudahan tidak sira bikin. Seringkali kita mengandalkan naluri atau ilmu mantik kerjakan mengeringkan dan membebaskan air dari ponsel, namun tidak semua cara tersebut berhasil, malah malar-malar berisiko negatif ponselmu kian parah. Hindari melakukan hal-kejadian berikut ini ketika ponselmu basah karena air:

1. Langsung Memencet Berbagai Tombol dan Menyalakan HP

Sambil yang kali sering terjadi adalah langsung kliyengan dan sembarangan memencet bermacam rupa tombol maupun menyalakan ponsel. Umumnya situasi ini anda lakukan karena ingin memastikan apakah ponsel sira baik-baik saja. Sayangnya, hal ini bisa menyebabkan kerusakan nan kian parah karena bisa bintang sartan air itu lebih lagi semakin turut ke privat ponsel karena tombol-tombol itu terpencet.

2. Melekatkan HP dengan Charger

Jangan menyambungkan HP dengan charger dalam keadaan basah karena peredaran elektrik bermula charger bisa menimbulkan korsleting atau lebih lagi menyetrum. Hal ini kembali berlaku jika HP tertular air detik posisi sedang di-charge, mandu terbaik yang dilakukan merupakan segera melepaskan konektor dari charger. Korsleting yang keluih boleh menyebabkan kerusakan pada sejumlah komponen begitu juga baterai, microchip, resistor, kapasitor, dan sebagainya. Risiko ini akan semakin besar lega HP tipe baterai tanam.

3. Meniup HP Sehingga Air Menjadi Semakin Timbrung ke Dalam

Meniup HP bisa jadi riuk satu berbarengan nan pelahap dilakukan saat terkena air, terutama sekiranya lain tersedia alat-alat yang dapat membantu proses pengeringan makin cepat seperti kipas angin. Saja cara ini setimpal sekali tidak disarankan karena boleh berisiko membuat air masuk ke bagian nan lebih dalam lagi dan menimbulkan kerusakan yang fatal. Oleh karena itu, sebaiknya keringkan ponsel dengan baik dan letakkan di bekas dengan awan panas kuku bakal mengeringkannya ketimbang ditiup-tiup.

4. Memperalat Hair Dryer bagi Menohorkan HP

Sebagai halnya yang sudah disebutkan, pemanfaatan hair dryer kerjakan mengeringkan ponsel yang basah boleh-boleh namun, akan hanya gunakan dengan cara yang benar seharusnya enggak berisiko merusak. Pasalnya, panas yang dihasilkan bisa membentuk komponen elektrik di privat ponsel jadi panjat suhunya dan berisiko menimbulkan kerusakan nan lebih parah. Terlebih lagi jika masih terserah air di internal komponen ponsel kamu, galakan uap bisa membuatnya menyebar semakin luas.

5. Sesak Banyak Menggerakkan HP

Bila ia ingin mengibaskan atau menggoyang-goyangkan HP untuk membebaskan air di dalamnya, lakukan secara perlahan dan sekeceng saja. Sebab, berlebih banyak menggerakkan ponsel bisa berisiko membuat air semakin menyerak dan malar-malar masuk ke kerumahtanggaan hardware. Sebaiknya juga hindari cara ini dan teguh keringkan ponsel anda menggunakan lap atau perca gersang yang kudrati.

Demikian penjelasan adapun beragam pendirian mengatasi HP kesampukan air tidak menimbulkan kehancuran nan semakin parah. Pasca- beliau mengamalkan cara-cara di atas dan berpengharapan ponsel sudah benar-bersusila sangar, bau kencur pasang pun sejumlah suku cadang yang dilepaskan silam charge ponsel hingga penuh privat keadaan mati. Setelah itu coba nyalakan, dan jika bisa menyala segera langsung simpan data utama bakal menghindari probabilitas terburuk ke depannya. Jika bukan bisa menyala atau menyala dan muncul bilang bagian yang busuk, segera bawa ke tempat servis lakukan diperbaiki.

Untuk mencegah kebolehjadian ia mengeluarkan biaya yang besar bikin menyunting ponsel nan terkena air, tentunya jangan meletakkan ponsel di dekat mata air air. Misalnya dengan tidak membawanya ke kamar mandi. Kemudian gunakan case berlawanan air atau waterproof saat hendak mengirimkan ponsel ke palagan yang sanding dengan sumber air. Apabila masih ketularan air, setia lakukan cara menyelesaikan HP kemasukan air yang benar untuk menghindari kerusakan nan fatal. Supaya handphone kamu tetap terlatih, lindungi dengan asuransi smartphone berusul Qoala ya! Bila ingin memaklumi informasi menarik tentang ponsel dan topik lainnya? Jangan lupa terus kunjungi Qoala Blog ya!

Cara Mengeringkan Hp Baterai Tanam

Source: https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/gawai/cara-mengatasi-hp-kemasukan-air/

Check Also

Gambar Papan Bunga Pernikahan

Gambar Papan Bunga Pernikahan. 42+ Contoh Karangan Anak uang Lakukan Pernikahan Terbaik. Contoh karangan bunga …