Anyang Anyangan Saat Puasa

Menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa karuan menjadi sebuah prasyarat. Hal ini dilakukan kerjakan mencegah terpaparnya virus, termasuk keluhan yang kerap disepelekan, yakni anyang-anyangan momen puasa.

ApakahParentsjuga merasakannya?

Menurut dr. Rico N, dari Alodokter, anyang-anyangan yakni salah suatu keluhan paling umum intern kasus infeksi saluran kencing (ISK). Umumnya, cewek lebih majuh rantus ISK, dibandingkan dengan adam. Nyatanya, kondisi ini lagi majuh dialami saat menjalankan ibadah puasa.

Artikel terkait : Bahaya infeksi saluran kemih plong ibu hamil dan mudigah, Bunda wajib tahu!

Privat istilah ilmiah, anyang-anyangan disebut lagidisuria.
Kebanyakan, anyang-anyangan terjadi jika kita sering menghambat buang air boncel. Penyakit ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit perut saat buang air mungil atau berkemih.

Anyang-anyangan  juga ditandai dengan air kencing berwarna gelap, bertekstur lebih pekat, bahkan cak semau yang sampai bercampur dengan pembawaan. Di arah tak,Parentsjuga harus berhemat, karena ada sejumlah penyakit lain nan menunjukkan gejala mirip anyang-anyangan.

Contohnya, ki kesulitan batu ginjal, radang prostat, kram otot kandung kemih, hingga penyakit merebak seksual sebagaimana kencing nanah dan klamidia.

Lantas, sebenarnya apa faktor penyebab anyang-anyangan saat puasa?

Penyebab anyang-anyangan saat puasa

anyang-anyangan saat puasa

Orang puasa rentan mengalami ISK atau anyang-anyangan. Sebab, asupan makanan dan minuman yang minus, cuma bisa bersantap dan mereguk saat azan sore hingga menjelang subuh.

Kondisi itulah yang kemudian bisa menyebabkan menurunnya sistem keimunan jasmani. Lalu, kebiasaan tak fit saat menanggang perut kembali mampu meningkatkan risikoParentsdihinggapi anyang-anyangan.

Hal itu seperti nan dijelaskan oleh Dr. Manaf Al Hashimi, konsultan urologi terbit Burjeel Hospital Duli Dhabi. Menurutnya, orang berpuasa memang punya risiko peningkatan anyang-anyangan.

Baca :   Gambar Bunga 3 Dimensi Yang Mudah

“Ada peningkatan infeksi di saluran urine momen wulan puasa,” ujarnya dilansir berasal The National.

Manaf menambahkan, biasanya ini terjadi karena invalid asupan air yang cukup. Akibatnya, bakteri bukan boleh dikeluarkan berpokok jasad menerobos urine, lewat menyebabkan infeksi di susukan kencing.

Sementara itu, mengutip dari Hellosehat, risiko ISK atau anyang-anyangan ketika puasa juga bertambah lautan momen Bunda medium hamil. Sebab, sreg dasarnya kehamilan memang menjadi salah suatu penyebab anyang-anyangan.

Mencegah anyang-anyangan saat puasa

anyang-anyangan saat puasa

Bakal mencegah anyang-anyangan ketika puasa, dr. Rico menyarankan agar memastikan kebutuhan air tubuh tetap tercukupi, meski sedang puasa. Setidaknya mereguk ari sebanyak 2 hingga 2,5 liter saban hari selama waktu berbuka hingga sahur.

Mudahmudahan kebutuhan cairan fisik tercukupi,
Parents
boleh menyedang pola 2-4-2. Caranya, mereguk dua gelas air putih detik berbuka, empat gelas air zakiah saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Ia juga mengajurkan untuk tidak menyergap rasa ingin berkemih.

Parents
juga harus meningkatkan sistem imun, caranya dengan mengonsumsi makanan bugar dan mengandung banyak air. Begitu juga biji zakar-buahan dan sayur.

Selalu sediakan biji kemaluan dan sayur bak santapan ketika berbuka maupun sahur. Baik itu untuk camilan atau pencuci mulut sehabis makan besar.

Lalu, pilihan makanan pun harusParentsperhatikan. Hindari makanan pedan dan asin, karena boleh memengaruhi bilangan pH urine menjadi tidak seimbang, nan kemudian boleh meningkatkan risiko ISK.

Artikel tersapu : 7 hal ini penting dilakukan sesudah berhubungan seks kiranya vagina sehat

Mencegah anyang-anyangan pada perempuan

Diketahui seandainya anyang-anyangan makin rentan terjadi di kalangan dayang. Oleh karena itu, Bunda harus makin siaga dengan masalah ini.

Baca :   Membuat Bunga Dari Uang Kertas

Selain mencegah dengan mengasi asupan vitamin, bisa sekali lagi mencegahnya dengan menjaga kebersihan organ intim. Sebab, prinsip membersihkan vagina yang kurang tepat juga bisa memerosokkan bibit penyakit masuk ke saluran kemih.

Anyang-anyangan saat puasa? Ini penyebab dan cara mencegahnya

Untuk mengatasinya, Bunda bisa berendam di air hangat. Sebab, mandu ini dipercaya dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman di daerah sanding ketika mengalami anyang-anyangan.

Pastikan juga membasuh vagina dengan benar setelah campakkan air kecil. Bersihkan sungai buatan kencing dari arah depan ke belakang buat menghindari masuknya bakteri dari anus ke saluran kemih.

Saluran kemih atau uretra yang pendek sreg perempuan menyebabkan bakteri mudah turut, sehingga terjadi infeksi. Hindari membersihkan vagina dengan mencipratkan larutan ke dalamnya
(douching)
.

Penggunaan cairan antiseptik lakukan membersihkan vagina sekali lagi kurang tepat, karena dapat mempengaruhi bakteri alami di daerah kewanitaan. Lampau, pemasangan perabot kontraspesi pola diagfragma juga berkesempatan menyebabkan ISK, yang berujung memunculkan gejala berupa anyang-anyangan.

Demikian makrifat tentang anyang-anyangan saat puasa. Segera konsultasikan ke medikus apabila terjadi infeksi dan rasa tak nyaman yang lebih parah detik berkemih.

Referensi : Alodokter, Hellosehat, Mayoclinic

Baca juga :

Bahaya infeksi saluran air seni pada ibu hamil dan bakal anak, Bunda terlazim tahu!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya berpunca sesama Parents dan kembali expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Anyang Anyangan Saat Puasa

Source: https://id.theasianparent.com/anyang-anyangan-saat-puasa#:~:text=anyangan%20saat%20puasa%3F-,Penyebab%20anyang%2Danyangan%20saat%20puasa,menyebabkan%20menurunnya%20sistem%20kekebalan%20tubuh.

Check Also

Pasangan Celana Jeans Biru

Pasangan Celana Jeans Biru. Celana jeans spektakuler yakni keseleo suatufashion itemyang terkesan klasik, namun disukai …